Pembukaan KKN Ke-3 (Menyemai Peradaban Islami Berwawasan Qur’ani

1 Oktober 2022, Mahasiswa Semester 7 mengadakan upacara pembukaan KKN ke-3 bersama Kepala desa Kalitengah dan jajaranya, kepala Madin Miftahul Jannah, para dosen dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) STIQSI Lamongan.

Upacara yang diadakan di Balai Desa Karangtengah tersebut berlangsung dengan penuh hikmat dan edukatif, karena wejangan-wejangan yang diberikan oleh Dr. Piet Hizbullah Khaidir dan Pak Ardik Marwoto. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua STIQSI Lamongan, Dr. Piet Hizbullah Khaidir dengan kerendahatian menitipkan mahisiswa-mahasiswanya untuk belajar dan mengabdi di Desa Kalitengah sebagaimana yang tertera dalam Tridarma perguruan tinggi. Sehingga dapat mewarisi ilmu-ilmu agama, bermasayarakat dan berorganisasi dalam praktik ilmu/teori yang telah dipelajari selama dibangku perkuliahan.

Pak Ardik Marwoto (Kepala Desa Kalitengah) juga menyampaikan sambutannya dalam pesan-pesan yang merasuk ke dalam sanubari para mahasiswa peserta KKN. Isi pesan beliau adalah setiap desa memiliki kultur dan budayanya sendiri. Maka dari itu, mahasiswa harus ramah dan menyapa masyarakat.

Pada kesempatan ini mahasiswa peserta KKN juga menyampaikan beberapa program kerja KKN dari tiap-tiap divisi. Diwakili oleh Aida Ayu Lestari, dipaparkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya adalah program senam pagi bersama ibu-ibu PKK (divisi kesehatan), program penanaman dan pengolahan TOGA (divisi Kewirausahaan), program pembelajaran bahasa arab dan inggris (divisi pendidikan), dan lain sebagainya.

Acara pembukaan KKN di Desa Kalitengah ditutup dengan doa bersama, dipimpin oleh Ustadz Arromu Harmuzi semoga menjadi penguat keteguhan hati peserta KKN dalam mengabdi bagi masyarakat.

(Oleh: Ahmad Dzikrul Syaifuddin)