Belajar Metode Tahfidz dari Ponpes Bumi Al-Qur’an Jombang

Pondok Pesantren Alam Bumi Al-Qur’an adalah tujuan ke empat KKL STIQSI Lamongan. Berangkat dari Pondok Amanatus Salam sekitar setengah jam perjalanan, peserta KKL sampai di tempat tujuan. Beberapa santri putra menyambut kedatang peseta KKL dengan baik dan ramah. Peserta diarahkan ke ruang pertemuan untuk mendengarkan materi dan nasehat dari pengasuh Pondok Alam Bumi Al-Qur’an.

Di ruang pertemuan beberapa santri sudah duduk untuk ikut serta mendengarkan materi. Para peserta KKL idebri kesempatan untuk di barisan pertama dan kemudian disusul oleh santri putra dari pondok tersebut. Acara dimulai, dipandu oleh moderator dari dosen STIQSI, Ustadz M. Arwani Rofi’i. Setelah acara dibuka dilanjutkan dengan sambutan perwakilan dari pihak STIQSI yang disampaikan oleh Ustadz Azzam Musoffa, Lc., MIRKH.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pengasuh Pondok Alam Bumi Al-Qur’an, KH. Ahmad Ghozali Fadhli, Lc. Materi yang disampaikan pada kesempatan ini adalah tentang tahfidz Al-Qur’an, setelah selesai penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, beberapa mahasiswa (Safira Akmalun, Aisyatul Ummah, Evi Yanti, M. Syauqii Salkhi, dan Ahmad Dzikrul Saifuddin) bertanya kepada pemateri. Setelah tanya jawab dilanjutkan dengan tes hafalan mufrodat santri pada juz 30 secara spontan di tempat. Tiga dosen STISI berkesempatan untuk menjadi penguji. Ada dua anak santri yang diuji, maju di depan semua peserta yang hadir. Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh pengasuh pondok.

            Kegiatan KKL dilanjutkan dengan perkenalan lingkungan pondok dengan berkeliling bersama yang dipandu langsung oleh pengasuh pondok dan beberapa santri, peserta diperkenalkan dengan hal-hal yang terdapat di sana, seperti hasil olah kreatif santri atau budidaya hewan dan tumbuhan yang dilakukan oleh santri. Setelah puas berkeliling, para peserta melakukan foto bersama di depan ruang pertemuan kemudian berpamitan kepada tuan rumah untuk meninggalkan tempat. Para peserta meninggalkan tempat setelah adzan dhuhur.

Reporter: Wilda Ayu Atika